Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

TATA CARA BERWUDLU MENURUT AL-QURAN DAN SUNNAH NABI

Posted by kelompok bermain assunnah

Wudhu adalah menggunakan air yang suci dan mensucikan dengan cara yang khusus di empat anggota badan yaitu, wajah, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki. Adapun sebab yang mewajibkan wudhu adalah hadats, yaitu apa saja yang mewajibkan wudhu atau mandi [terbagi menjadi dua macam, (hadats besar) yaitu segala yang mewajibkan mandi dan (hadats kecil) yaitu semua yang mewajibkan wudhu]. Adapun dalil_wajibnya_wudhu_adalah_firman_Allah:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,” (Q.S. Al-Maidah:6)
Banyak diantara orang orang yang salah dalam mempraktekan cara berwudlu yang benar, sebagaian dari mereka mengatakan bahwa ini yang benar dan itu salah. kita tidak seharusnya saling menghujat hanya karena proses/ cara berwudlu yang salah. Kalo memang sama sama menggunakian AlQuran dan hadits yang sama, kenapa dalam prakteknya jadi berbeda? iti semua karena sebgaian dari mereka memahami AlQuran adn Assunnah menurutakal mereka sendiri sendiri, bukan berdasarkan ilmu dan bersama sama dengan orang yang paham akan ilmu tersebut.
berikut ini adalah tata cara berwudlu:
1.Niat
niat menjadi syarat utama dalam berbagai hal,karena nilai amalan seseorang itu tergantung dengan apa yang ia niatkan. "innamal A'malu Binniyat" sesungguhnya amalan itu tegantung dengan niatnya.Niat tidak harus selalu di ucapkan dan tidak harus dengan menggunakan bahasa arab. yang penting kita niat berwudlu karena ingin mensucikan diri untuk melaksanakan shalat.
2.mencuci kedua tangan sampai di sela sela jari.
3.

Post a Comment

monggo dipun komentari